Toyota Etios Valco Dirancang buat Konsumen Indonesia

detail berita




SURABAYA - Toyota Astra Motor (TAM) memutuskan untuk ikut bermain di segmen city car hatchback dengan melansir Toyota Etios Valco. Sadar memiliki banyak pesaing, TAM memberikan spesifikasi khusus buat mengikuti habit konsumen Indonesia.

Secara segmen, Toyota Etios Valco berhadapan dengan Nissan March, Honda Brio, Mitsubishi Mirage dan KIA Picanto. Toyota pun harus sadar sebagai model paling terakhir keluar, harus memiliki kelebihan yang bisa menggoda konsumen Indonesia agar bisa langsung bersaing ketat dengan pemain lama.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto menjelaskan, Etios Valco punya dua hal penting yang bisa menjadi senjata andalan dalam menggempur pasar city car hatchback low end ini. Kelebihan ini ada pada spesifikasi yang seakan mengerti kebutuhan pasar lokal.

"Ada dua hal penting yang tertanam pada Etios Valco. Pertama yang kami pikirkan, bagaimana pun juga konsumen masih punya habit menggunakan mobil untuk keluarga. Dan Etios, meskipun ada di bawah Yaris, tapi kapasitas ruangannya sama dengan Yaris. Kenyamanan juga lebih baik di kelasnya," jelas Joko saat media test drive, Etios Valco di Surabaya, Jumat (22/3/2013).

Joko melanjutkan, faktor kedua adalah Etios Valco yang disesuaikan dengan infratruktur jalan di indonesia. Banyak jalan yang bergelombang, berlubang, atau polisi tidur dan juga banjir. Dengan ground clearance mencapai 170 mm, dan tercatat paling tinggi di kelasnya.

"Meski namanya city car hatchback, tapi Etios Valco bisa juga untuk dibawa ke luar kota yang punya kondisi jalan rusak. Ground clearance Etios Valco yang paling tinggi di kelasnya," lanjut Joko.

Selain itu juga faktor keamanan yang menjadi fokus perhatian Toyota, dimana Etios Valco sudah dilengkapi dengan dual airbag dan fitur rem ABS.